Relawan Gugus Tugas COVID-19 di Pelabuhan Karimun mendata penumpang yang tiba di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, dan mewajibkan penumpang mengisi pernyataan kesediaan karantina mandiri di rumah Relawan Gugus Tugas COVID-19 di Pelabuhan Karimun mendata penumpang yang tiba di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, dan mewajibkan penumpang mengisi pernyataan kesediaan karantina mandiri di rumah Foto:rdi

Gugus Tugas Karimun tepis perubahan aturan pengendalian COVID-19 di pelabuhan

"Isu yang beredar itu hoaks. Mereka yang masuk akan kita data semua, dan mereka juga harus buat surat pernyataan, dan jika mereka melanggar aturan maka akan ditindaklanjuti oleh tim gugus"

Karimun, JurnalTerkini.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kecamatan Karimun menepis kabar berubahnya aturan kedatangan penumpang masuk di pelabuhan yang tidak harus menunjukkan surat bebas COVID-19.

"Itu tidak benar, kita masih melakukan pemeriksaan di pintu masuk pelabuhan, dan syarat masih berlaku," ujar Ketua Harian Gugus Tugas COVID-19 Kecamatan Karimun Efriyan Santana, Kamis (21/5/2020).

Meskipun begitu, penumpang dapat diberikan kelonggaran dengan menunjukkan surat kesehatan dari pihak medis, agar mendeteksi secara dini gejala-gejala seseorang terpapar Covid-19.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun selaku Ketua Harian Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah menegaskan sejak 20 Mei kemarin, penumpang yang datang ke Karimun tidak dikarantina secara terpusat, melainkan melakukan karantina mandiri dengan membuat surat pernyataan.

"Isu yang beredar itu hoaks. Mereka yang masuk akan kita data semua, dan mereka juga harus buat surat pernyataan, dan jika mereka melanggar aturan maka akan ditindaklanjuti oleh tim gugus," tegas Firman, Kamis (21/5/2020).

Untuk diketahui, saat ini Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang dikarantina di SMP Negeri Tebing Binaan Karimun sudah dipulangkan secara keseluruhan. (pps)

Beri nilai
(0 Pilih)

Beri komentar

Pastikan Anda memasukkan semua informasi yang diperlukan, ditandai dengan tanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.