Warga Seoul, Korea Selatan menonton siaran berita televisi mengenai kemunculan kembali di depan publik pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, Jumat (1/5). Warga Seoul, Korea Selatan menonton siaran berita televisi mengenai kemunculan kembali di depan publik pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, Jumat (1/5). Foto: Voa/AP

Akhirnya Kim Jong Un muncul di depan publik

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un muncul pertama kali di depan publik setelah menghilang sejak dia meresmikan pembangunan pabrik pupuk di dekat Pyongyang 20 hari lalu, kata media pemerintah hari Sabtu (2/5), menjawab desas-desus dan spekulasi dunia yang mengira bahwa ia sakit parah.

Kantor Berita Pusat Korea Utara melaporkan, Kim menghadiri upacara itu pada Jumat (1/5) di Sunchon dengan pejabat senior lainnya, termasuk saudara perempuannya Kim Yo Jong, yang diperkirakan oleh banyak analis akan mengambil alih jabatannya, jika kakaknya tiba-tiba tidak dapat memerintah.

Surat kabar resmi Rodong Sinmun menerbitkan beberapa foto Kim yang mengenakan pakaian hitam dan tersenyum, ketika dia melihat-lihat pabrik dan memotong pita merah.

Kantor berita itu mengatakan, Kim dengan hangat menyapa para pekerja dan mengatakan, almarhum ayah dan kakeknya "akan sangat senang" pabrik itu selesai. Laporan itu tidak menyebut apakah Kim memberikan komentar langsung mengenai Amerika atau Korea Selatan. [ps/pp/voaindonesia.com]

000
Beri nilai
(0 Pilih)

Beri komentar

Pastikan Anda memasukkan semua informasi yang diperlukan, ditandai dengan tanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.