Ketua Perhimpunan Melayu Karimun Muhammad Firdaus menunjukkan satu kantong berisi darah yang didonorkannya dalam aksi sosial donor darah di Pasar Puan Maimun, Tanjung Balai Karimun, Minggu (9/2/20) Ketua Perhimpunan Melayu Karimun Muhammad Firdaus menunjukkan satu kantong berisi darah yang didonorkannya dalam aksi sosial donor darah di Pasar Puan Maimun, Tanjung Balai Karimun, Minggu (9/2/20) foto: istimewa

Donor darah di keramaian Pasar Puan Maimun untuk menggugah warga

"Donor darah itu sehat. Karena itu kami mengajak warga masyarakat agar rutin mendonorkan darahnya"

Karimun, www.jurnalterkini.id - Relawan Donor Daerah Kabupaten Karimun (RDKK) bekerja sama dengan Perhimpunan Melayu Raya dan Palang Merah Indonesia menggelar donor darah di parkiran Pasar Puan Maimun, Tanjung Balai Karimun, Minggu, yang diharapkan bisa menggugah kesadaran warga untuk mengikuti kegiatan sosial tersebut.

"Donor darah itu sehat. Karena itu kami mengajak warga masyarakat agar rutin mendonorkan darahnya," kata Ketua Perhimpunan Melayu Raya Karimun, Muhammad Firdaus yang turut serta mendonorkan darahnya.

Firdaus mengatakan dengan donor darah, maka akan terjadi pergantian sirkulasi darah dalam tubuh dan sangat baik untuk kesehatan.

Foto bersama penyelenggara donor darah RDKK, Perhimpunan Melayu Karimun dan RDKK
Foto bersama penyelenggara donor darah RDKK, Perhimpunan Melayu Karimun dan RDKK

Selain berdampak baik pada kesehatan, donor darah tersebut juga merupakan kegiatan sosial untuk kemanusiaan, karena kantong darah yang dihimpun akan disumbangkan bagi warga yang membutuhkan.

"Ini kesempatan bagi kita untuk berbuat. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan memperhatikan saudara-saudara kita yang sakit dan membutuhkan transfusi darah," ujarnya.

Dia mengajak warga masyarakat agar membiasakan diri untuk mengikuti donor darah secara berkala, sehingga bisa membantu persediaan darah pada bank darah PMI Karimun.

"Kami sering mendapat informasi melalui media sosial, ada pasien di RSUD yang membutuhkan transfusi darah. Kami berharap dengan kantong darah yang dihimpun bisa disumbangkan kepada saudara kita yang membutuhkan," ujarnya.

Donor darah tersebut diikuti puluhan anggota Melayu Raya Karimun, serta masyarakat umum dan karyawan perusahaan swasta seperti BFI Finance dan lainnya.

"Tadi ada 67 orang yang mendaftar, tapi karena masalah tensi dan HB, maka yang diterima dan memenuhi syarat kesehatan hanya 31 orang," kata Firdaus. (rdi)

Beri nilai
(0 Pilih)

Beri komentar

Pastikan Anda memasukkan semua informasi yang diperlukan, ditandai dengan tanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.