PT Timah serah dukungan nelayan di DU 747 Tebing

Karimun, jurnalterkini.id – PT Timah Kundur melaksanakan acara penyerahan dukungan dari KUB-KUB (nelayan) terhadap kegiatan operasi produksi PT Timah Tbk di wilayah IUP DU-747 D di Kecamatan Tebing disejalankan dengan sosialisasi penyuluhan hukum kegiatan penambangan dari Kejari Karimun, di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Selasa (8/10/2019).

"Kegiatan ini dalam rangka penyerahan dukungan dari KUB-KUB terhadap rencana operasi di wilayah Kecamatan Tebing atau yang disebut dengan DU 747, dan selanjutnya diagendakan sosialisasi penyuluhan hukum kegiatan mengenai penambangan di Kabupaten Karimun yang diwakili dari Kantor Kejaksaan Karimun," kata General Manager PT Timah Wilayah Operasi Kepri dan Riau, Adam Darmawan.

Adam menyampaikan, ada beberapa alasan kenapa PT Timah ingin beroperasi di DU-747, pertama karena telang mempunyai izin dari Pemerintah Kabupaten Karimun IUP DU 747.

"Izin ini sudah lama diperoleh dan sudah lama tidak ada kegiatan disana, sehingga kami mengagendakan untuk mengoperasikannya, untuk sementara ini 6 kapal isap produksi yang akan beroperasi di DU 747 tersebut dan izinnya masih sah," ujarnya.

Disampaikannya lagi, kedua kondisi produksi kita diwilayah Kundur itu mulai menurun, sehingga pihaknya beserta jajaran mencanangkan untuk ekspansi atau melanjutkan kegiatannya di 747 Karimun.

“Untuk itu mohon dukungan kepada semua pemangku kepentingan, bapak bapak nelayan untuk kami bisa beroperasi disana dan kami harapkan nanti kehadiran operasi kami disana mendapat dukungan dari semua pihak, krn tujuan kami adalah bagaimana kami memberikan kontribusi kepada wilayah sekitar khususnya yang ada di Kecamatan tebing ” ujar Adam.

Selanjutnya, kepada semua pihak termasuk KUB-KUB yang jumlahnya 22 KUB yang sudah mendukung kegiatan kami, kiranya dapat bersama-sama saling berkoordinasi agar kami tetap dapat mengoperasikannya di sana dan disamping itu tentu kita juga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan begitu juga dengan menghindari cuaca buruk.

Bupati Karimun Aunur Rafiq ketika diwawancara awak media saat keluar dari di Gedung Nasional, terkait kegiatan operasi produksi PT Timah di wilayah IUP DU 747 D Kecamatan Tebing menjelaskan, bahwa semakin menipisnya cadangan deposit timah yang ada di pulau Kundur dan sekitarnya, makanya PT Timah akan melakukan ekspansi ke blok-blok lain yang mereka miliki.

Menurut Rafiq, Blok 747 ini untuk masa pemerintahan kami disini, kami tidak ada mengeluarkan satu izinpun, karena izinnya adalah izin yang lama.

Kemudian pada saat mereka akan melakukan operasi, kita hanya minta mereka melakukan sosialisasi , melakukan pendekatan kepada masyarakat-masyarakat nelayan dan Alhamdulillah dari seluruh KUB nelayan-nelayan yang ada 22 KUB yang ada di Kecamatan Tebing itu yang sudah memberikan dukungan kepada PT Timah dan penyerahannya kami dari Pemerintah Daerah menyaksikan penyerahan ini.

"Kalau memang masyarakat sudah mendukung dan mensetujui kata Rafiq, yang paling penting dilakukan penambangan ini secara baik, secara profosional artinya memperkecil dampak lingkungan yang merugikan bagi kehidupan nelayan.

Kemudian dalam berjalan dilakukan evaluasi dan adanya permasalahan-permasalahan terhadap nelayan-nelayan dan sebagainya diselesaikan secara musyawarah," katanya.

“Agar pemberdayaan masyarakat tempatan dilakukan penyerapan tenaga kerja, jadi kapal-kapal itu berapa yang mampu, dua atau tiga orang yang mampu ambillah mereka untuk bekerja,” ungkap Bupati Karimun.

Dijelaskan Rafiq lagi, mungkin kalau bisa duduk dengan KUB nya, per tiga bulan sekali diganti orangnya. Kemudian untuk suplay makanan dan suplay air jangan diambil dari tempat lain, berikan kepada masyarakat tempatan untuk mensuplai, jadi ada perputaran ekonomi pada masyarakat yang ada di sana.

Kemudian terakhir Rafiq mengatakan, untuk lebih mempermudah semua urusan, PT Timah Kundur harus ada kantor perwakilannya disini. Jadi apa bila ada persoalan-persoalan dari masyarakat bisa cepat teratasi, sehingga tidak harus ke Tanjung Batu dan tidak menunggu, kalau itu dapat dilakukan, mudah-mudahan semuanya akan baik. (edy)

Beri nilai berita ini
(0 Suara)

Berita terkait

  • Lagi, Penemuan Mayat di Karimun

     

    "Budak-budak lagi maen bola dekat lapangan, terus tak sengaje liat ade bende mencurigakan dan ternyate mayat"

  • Bupati Karimun janji naikkan insentif guru pada 2020 (video)

    Bupati Karimun Aunur Rafiq berjanji akan menaikkan insentif untuk guru pada 2020. Janji tersebut disampaikannya pada acara resepsi HUT PGRI dan Hari Guru Nasional yang diselenggarakan di GOR Badang Perkasa pada Sabtu (30/11) malam.

    Bupati Karimun mengatakan insentif diberikan untuk guru SD maupun SMP pada tahun depan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan guru.

    Berikut video liputannya:

  • Dua speedboat penyelundup serang kapal patroli BC Kepri

    "Mereka mau menyeludupkan Barang Kena Cukai (BKC) dan Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA), dengan modus Ship to Ship"

  • APBD Karimun 2020 disahkan (video)

    Karimun, jurnalterkini.id - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau tahun 2020 akhirnya diketuk atau disahkan oleh DPRD Karimun setelah melalui pembahasan alot dan maraton dalam sebulan terakhir.

    Pengesahan APBD Karimun 2020 dilaksanakan pada malam hari batas terakhir ditetapkan pemerintah pusat, yakni pada Jumat (29/11) malam, dipimpin Ketua DPRD M Yusuf Sirat dan dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Anwar Hasyim.

    Berikut video liputannya:

Tinggalkan komentar

Pastikan Anda memasukkan semua informasi yang diperlukan, ditandai dengan tanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.