Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Ketua Baznas Karimun Nasrial secara simbolis menyerahkan bantuan rumah layak huni kepada warga di Baran Timur, Meral, Senin (15/7). Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Ketua Baznas Karimun Nasrial secara simbolis menyerahkan bantuan rumah layak huni kepada warga di Baran Timur, Meral, Senin (15/7). foto: Humas Pemkab Karimun

Bupati Karimun serahkan rumah layak huni dibangun dengan zakat

Karimun (Jurnal) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau memberikan bantuan rumah layak huni dan bantuan usaha produktif untuk warga di Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral.

Bantuan-bantuan tersebut diserahkan Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Ketua Baznas Karimun Nasrial, Senin (15/7).

Bupati Aunur Rafiq mengatakan, bantuan yang diberikan dengan dana zakat sangat bermanfaat dan telah membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan dan membantu perekonomian penerima bantuan.

"Bantuan-bantuan ini berasal dari dana zakat yang diberikan para muzakki. Bagi yang menerima harus bersyukur karena menerima bantuan ini," kata Aunur Rafiq.

Ketua Baznas Karimun Nasrial menjelaskan, bantuan tersebut berasal dari dana zakat yang dihimpun selama periode ketiga 2019.

"Total bantuan periode ketiga 2019 sebesar Rp 200 juta," kata dia.

Antara lain, Rp80 juta untuk pendidikan sebanyak 350 siswa SD, SMP dan SMA termasuk madrasah. sebesar Rp70 juta pembangunan 2 unit rumah layak huni untuk Usman warga Pantai Pak Imam dan Murni warga Paya Manggis Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral. Terakhir, bantuan untuk usaha produktif sebanyak Rp50 juta untuk 20 orang, masing-masing menerima bantuan berupa barang senilai Rp2,5 juta.

"Tahun ini kita akan merehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 2 unit lagi. Rehab dilakukan hanya untuk rumah induk saja," kata dia. (edy)

Rate this item
(0 votes)

Related items

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.