Gambar yang dibuat komputer yang dirilis oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) menunjukkan pesawat ruang angkasa Hayabusa2 di atas asteroid Ryugu. Gambar yang dibuat komputer yang dirilis oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) menunjukkan pesawat ruang angkasa Hayabusa2 di atas asteroid Ryugu. Foto: dok VoA

Hayabusa2 milik Jepang sukses mendarat di asteroid

 

Jepang menyatakan wahana yang diluncurkan untuk melanglang antariksa sampai jarak yang jauh (deep space) telah sukses mendarat di asteroid yang jauh dan mengumpulkan sampel yang diharapkan bisa mengungkap petunjuk tentang asal usul tata surya.

Para pejabat dari Badan Eksplorasi Antariksa Jepang dengan gembira mengumumkan pada Kamis (11/7), bahwa data dari pesawat antariksa Hayabusa2 mengkonfirmasi bahwa pesawat itu telah kembali melayang di atas asteroid Ryugu setelah mendarat sebentar di dalam kawah dan mengumpulkan bahan bawah tanah. Kawah itu dibentuk pada bulan April lalu setelah Hayabusa2 menembakkan proyektil 2 kilogram ke permukaan asteroid itu.

Wahana itu tiba di Ryugu lebih dari setahun yang lalu setelah perjalanan tiga setengah tahun yang mencakup sekitar 300 juta kilometer. Wahana itu selama setahun terakhir ini telah mengambil foto-foto asteroid, yang dinamai berdasarkan istana bawah laut dalam legenda rakyat Jepang kuno.

Hayabusa2 akan kembali ke Bumi pada akhir 2020.

Sumber: voaindonesia.com

Beri nilai berita ini
(0 Suara)

Berita terkait

Tinggalkan komentar

Pastikan Anda memasukkan semua informasi yang diperlukan, ditandai dengan tanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.