Daging sapi segar yang dijual pedagang di Pasar Puan Maimun, Tanjung Balai Karimun, mengalami kenaikan sebesar Rp10.000/kg jelang Lebaran. Daging sapi segar yang dijual pedagang di Pasar Puan Maimun, Tanjung Balai Karimun, mengalami kenaikan sebesar Rp10.000/kg jelang Lebaran. foto: har

Harga daging segar di Pasar Puan Maimun naik Rp10.000/kg jelang Lebaran

Karimun (Jurnal) - Harga daging sapi segar mengalami kenaikan sebesar Rp10.000/kg menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 dari Rp160.000 menjadi Rp170.000 per kilogram.

"Naik Rp10.000 saja, tidak hanya daging segar, daging beku juga naik dari Rp85.000 menjadi Rp88.000 per kilogram," kata Ucok, pedagang daging sapi di Pasar Puan Maimun, Tanjung Balai Karimun.

Kenaikan harga daging dinilai masih dalam tahap wajar dan sesuai dengan hukum pasar.
Ucok mengatakan, permintaan daging segar juga meningkat dan hal itu sudah biasa setiap menyambut Lebaran.

Sementara itu, salah seorang warga Tanjung Balai Karimun, Darna mengaku tetap membeli daging segar meski mengalami kenaikan harga.

"Ya mau bagaimana lagi. Setiap Lebaran kami sudah terbiasa menghidangkan rendang daging untuk tamu dan sanak saudara yang datang," kata dia.

Darna mengaku membeli daging segar sebanyak 1 kilogram untuk rendang daging dan juga membeli daging ayam sebanyak 1 kilogram untuk membuat opor ayam.

Untuk harga ayam potong, sementara ini masih stabil pada kisaran Rp35.000 per kilogram, dan Rp40.000/kg untuk daging ayam yang sudah dibersihkan.

"Stok masih banyak, bagaimana mau dinaikkan," kata pedagang ayam, Uda.

Kalangan warga mulau menyerbu pasar untuk membeli daging sapi maupun daging ayam untuk lauk pauk berupa rendang atau opor ayam.

Mereka juga menyerbu bumbu dapur yang rata-rata membeli bumbu opor ayam dan rendang daging. Mulai dari harga Rp5.000 per bungkus hingga Rp20 ribu per bungkus. (rdi)

Rate this item
(0 votes)

Related items

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.