Upacara Hari Lahir Pancasila di Mapolda Kepri, Batam, Sabtu (1/6). Upacara Hari Lahir Pancasila di Mapolda Kepri, Batam, Sabtu (1/6). foto: Humas Polda Kepri

Wakapolda Kepri: Pancasila bintang penuntun keberagaman bangsa

Batam (Jurnal) - Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah menyatakan dasar negara Pancasila merupakan bintang penuntun keberagaman bangsa yang dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Wakapolda menyatakan hal itu ketika menjadi inspektur upacara pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6) di lapangan upacara Mapolda Kepri, Batam.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 mengangkat tema "Kita Indonesia Kita Pancasila".

Dalam kesempatan itu, Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Ripublik Indonesia, Hariyono yang dibacakan oleh Wakapolda Kepri menyampaikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan 'Bhinneka Tunggal Ika'," katanya.

Sebagai bangsa besar, kata dia, kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah sebut “Jas Merah”, untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (National Pride).

Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “Panitia Kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

Dengan merayakan hari kelahiran pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik Pancasila sebagai “Leitstars Dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan.

"Sebagai energi positif bangsa, pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia," ujarnya.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 juga dihadiri oleh Irwasda Polda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri dan personel Polda Kepri.

Siaran Pers Humas Polda Kepri

Rate this item
(0 votes)

Related items

  • Gowes kamtibmas pemilu sambangi PPK dan TPS di Batam

    Batam (Jurnal) - Gowes Kamtibmas PAM Pemilu 2019 yang digelar Polda Kepri bersama sekitar 800 warga, Sabtu (27/4), menyambangi proses penghitungan suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lubuk Baja dan pemungutan suara ulang di TPS 43, Sei Jodohdan PPK Batuampar, Batam.

  • Kapolda apresiasi dedikasi jajaran amankan Pemilu 2019

    Batam (Jurnal) - Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian jajarannya dalam menjaga kamtibmas agar tetap damai dan kondusif selama pelaksanaan Pemilu 2019 di Provinsi Kepri.

  • Dua WNI ditangkap karena simpan sabu-sabu dalam perut

    Batam (Jurnal) - Dua warga negara Indonesia (WNI) diduga anggota jaringan internasional ditangkap aparat Kepolisian Daerah Riau di pelabuhan Batam Centre, Batam, karena ketahuan menyimpan sabu-sabu dalam perut.

  • Komplotan Remaja Pencuri Motor 12 TKP di Batam dibekuk

    Batam (Jurnal) - Empat tersangka masih remaja belia yang diduga komplotan atau jaringan pencuri kendaraan bermotor di 12 tempat kejadian perkara (TKP) di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dibekuk jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kepri.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.