Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro memberikan keterangan pers terkait diamankannya dua WN Malaysia yang masuk Indonesia secara ilegal dan dua WNI pengguna narkoba jenis sabu-sabu Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro memberikan keterangan pers terkait diamankannya dua WN Malaysia yang masuk Indonesia secara ilegal dan dua WNI pengguna narkoba jenis sabu-sabu foto: dok. Lanal Karimun

Lanal Karimun amankan warga Malaysia plus pengguna sabu

Karimun (Jurnal) - Tim F1QR Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mengamankan dua warga negara Malaysia yang masuk Indonesia secara tidak resmi alias ilegal, plus dua WNI positif menggunakan narkoba jenis sabu-sabu.

Danlanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro dalam konferensi pers di Posal Satrad Leho, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Jumat (26/4), menjelaskan, dua WN Malaysia dan dua WNI tersebut diamankan Tim F1QR Lanal TBK/Patkamla V8 pada Kamis (25/4).

Dua warga negara Malaysia tersebut masing-masing Mohd. Anzulami Bin Mohamad Amin (33 tahun) dan Rusli Dahlan (45), dan dua WNI diduga pengguna sabu-sabu, masing-masing Af (32 tahun) dan Kh (33) asal Pangke Barat, Karimun.

"Mereka diamankan Tim F1QR Lanal TBK/Patkamla V8 setelah menerima informasi intelijen tentang rencana akan masuknya TKI ilegal dari Malaysia ke Indonesia pada tanggal 25 April 2019 pukul 20.00 WIB," ucap Danlanal dalam keterangan persnya.

Danlanal menjelaskan kronologis diamankannya keempat orang tersebut, berawal sekitar pukul 02.10 WIB, Tim F1QR mendengar suara dan mendeteksi secara visual speedboat (boat pancung) tanpa nama yang mencurigakan melintas di perairan Karimun Anak.

Dan selanjutnya, Tim F1QR melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan 1 unit speedboat 18 PK, dan setelah diperiksa, dalam kapal cepat itu terdapat dua penumpang berkewarganegaraan Malaysia yang masuk Indonesia tanpa dilengkapi dengan dokumen yang legal dari Malaysia.

Speedboat berikut penumpang, nakhoda dan satu ABK langsung diamankan menuju Posal Leho Lanal TBK.

Berdasarkan pemeriksaan, kapal cepat atau speedboat yang mereka gunakan tidak dilengkapi dokumen pelayaran, serta dua penumpangnya tidak memiliki dokumen resmi berupa paspor dengan cap dari imigrasi.

Kedua penumpang berkebangsaan Malaysia itu melanggar Pasal 119 aya 1 Undang-Undang No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, yaitu setiap orang asing yang masuk dan atau berada di wilayah Indonesia yang tidak memiliki dokumen perjalanan dan visa yang sah serta masih berlaku, dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500 juta.

Sementara itu Af selaku nakhoda dan Kh diketahui mengonsumsi sabu-sabu setelah Tim F1QR Lanal TBK/Patkamla V8 menemukan alat isap sabu-sabu atau bong dalam kapal.

"Hasil pemeriksaan awal terhadap nakhoda dan ABK ditemukan alat isap shabu-shabu (bong) dan nahkoda serta ABK mengakui telah mengonsumsi narkoba jenis shabu-shabu di Malaysia, serta hasil dari tes urine yang dilakukan oleh Satnarkoba Polres Karimun Kab. Karimun terhadap ke 4 orang tersebut dengan hasil, nakhoda dan ABK positif sedangkan dua penumpangnya negatif," tutur Danlanal Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro. (rdi)

 

Baca juga:

TNI AL tangkap speedboat bawa sabu 1 kg di Karimun

3 ton bawang Malaysia diamankan Lanal Karimun

Rate this item
(0 votes)

Related items

  • Pemungutan suara ulang di Sei Lakam sepi pemilih

    Karimun (Jurnal) - Pemungutan suara ulang yang digelar di lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kelurahan Sei Lakam Timur dan Sei Lakam Barat, Kecamatan Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu, sepi pemilih.

  • Video kebakaran di Sei Lakam Tanjung Balai Karimun

    Video kebakaran yang menghanguskan sebuah rumah di kawasan padat penduduk di Sei Lakam, Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Minggu (21/4).

    Baca: Kebakaran siang bolong bikin heboh warga Sei Lakam Karimun

  • Ribuan massa merahkan Lapangan Bola Sawang

    Karimun (Jurnal) - Kampanye akbar Mayjen TNI Mar (Purn) Sturman Panjaitan yang maju sebagai calon anggota DPR RI Nomor urut 2, dan Rasno, calon anggota DPRD Kabupaten Karimun dapil Kundur nomor urut 1, ditutup dengan kampanye akbar dihadiri ribuan massa yang memerahkan lapangan bola Kelurahan Sawang, Kecamatan Kundur Barat, Rabu (10/4/2019).

  • Sturman Panjaitan kampanye tatap muka di Prayon

    Karimun (Jurnal) - Setelah sukses menggelar kampanye akbar di lapangan bola Glora, Tanjungbatu, Kecamatan Kundur, caleg PDIP untuk DPR RI dengan nomor urut 2, Mayjen TNI Mar (Purn) Sturman Panjaitan, SH calon, bersama Ketua DPC PDIP Karimun Rasno menggelar kampanye tatap muka dengan masyarakat di panggung rakyat Prayon Kecamatan Kundur Barat, Minggu (7/4/2019) malam.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.