AKBP Hengky Pramudya dan jajaran berfoto bersama IWO Karimun usai ngopi bareng di Morning Bakery beberapa waktu lalu. AKBP Hengky Pramudya dan jajaran berfoto bersama IWO Karimun usai ngopi bareng di Morning Bakery beberapa waktu lalu. foto:istimewa

AKBP Hengky Pramudya di mata IWO Karimun

"Wartawan adalah mitra. Saya berharap Kapolres Karimun yang baru melanjutkan dan meningkatkan kemitraan dengan wartawan. Saya yakin Polres Karimun akan lebih maju di bawah kepemimpinan sahabat saya, AKBP Yos Guntur"

MURAH senyum, gaul, ramah dan menghargai orang lain tanpa memandang status sosial. Ungkapan ini layak ditujukan untuk perwira polisi yang satu ini.

Dia bernama Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hengky Pramudya S.Ik yang resmi melepas jabatannya sebagai Kapolres Karimun, dan dipromosikan sebagai Wadir Pamobvit Polda Bali, terhitung upacara serah terima jabatan di Mapolda Kepri, Kamis (26/9) yang lalu.

Sepak terjangnya selama 1,5 tahun menjabat Kepala Kepolisian Resor Karimun juga cukup membuat perwira dengan pangkat dua melati ini terkenal sebagai polisi yang memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

Perwira polisi yang pintar menyanyi ini sepertinya membuktikan kata-katanya dalam acara pisah sambut 1,5 tahun yang lalu, "Saya bertekad untuk mengabdikan diri kepada segenap masyarakat Karimun".

Berbagai kegiatan sosial dilakukannya tanpa peduli dengan adanya penilaian miring bahwa kegiatan-kegiatannya itu hanya pencitraan belaka.

Dalam satu wawancara dengan wartawan, AKBP Hengky Pramudya pernah melontarkan kalimat, "Polisi itu tidak hanya bertugas sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat saja, akan tetapi juga bisa membantu masyarakat,".

Hengky kerap membantu warga tidak mampu, seperti merenovasi rumah warga tidak mampu, membantu warga yang sakit yang membutuhkan biaya, atau turun langsung dan berdialog dengan warga di pelosok-pelosok.

Hengky Pramudya dinilai sukses memimpin institusi Polres Karimun. Secara internal, Hengky suskes membangun organisasi Polres Karimun dengan baik. Berbagai prestasi dan penghargaan telah diraih, termasuk mengenai peningkatan pelayanan publik seperti Satpas SIM di Satlantas Polres Karimun.

Secara eksternal, Hengky juga terbilang sukses menjalin komunikasi dengan berbagai komponen masyarakat untuk mewujudkan situasi kamtibmas melalui pendekatan secara persuasif.

AKBP Hengky Pramudya dan istri dalam acara kenal pamit di Hotel Aston Karimun, Jumat (27/9) malam. (foto:rdi)

Salah satu prestasi yang menonjol adalah kesuksesannya mengamankan Pemilu 17 April 2019 yang bisa dikatakan nihil dari konflik sosial akibat tingginya suhu politik saat itu. Hengky sukses melakukan pendekatan untuk meredam potensi konflik.

Hengky juga sukses membongkar berbagai kejahatan, dan yang paling menonjol adalah pengungkatan kasus narkoba jenis sabu-sabu seberat sekitar 3 kilogram, pengungkapan kasus pembunuhan hanya dalam waktu 4 jam, dan pengungkapan kasus ribuan butir pil ekstasi baru-baru ini.

Sosok Hengky juga dikenal sukses membangun komunikasi dengan para wartawan yang biasa meliput di Polres Karimun, tidak terkecuali bagi para wartawan yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Karimun.

"Saya masih ingat dan terkenang dengan jasa Pak Hengky. Baru saja menjabat Kapolres Karimun, dia tidak sungkan membantu agenda Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang kami gelar pada tahun 2017," kata Ketua IWO Karimun Rusdianto, di sela-sela acara kenal pamit antara AKBP Hengky Pramudya dengan AKBP Yos Gustur Yudi Fauris Susanto di ballroom Hotel Aston Karimun, Jumat (27/9) malam.

Hengky Pramudya, menurut dia, juga beberapa kali menggelar ngopi bareng sambil berdiskusi dengan para pewarta.

Hengky Pramudya memang sangat dekat IWO Karimun, meskipun IWO juga beberapa kali melontarkan kritikan melalui pemberitaan di media masing-masing anggota.

AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto dan istri, Kapolres Karimun yang baru

"Wartawan adalah mitra. Saya berharap Kapolres Karimun yang baru melanjutkan dan meningkatkan kemitraan dengan wartawan. Saya yakin Polres Karimun akan lebih maju di bawah kepemimpinan sahabat saya, AKBP Yos Guntur," ujar Hengky memberikan sambutan dalam acara kenal pamit di Hotel Aston Karimun.

Pernyataan Hengky Pramudya itu disambut dengan baik oleh AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto dan berjanji akan melanjutkan kemitraan dan sinergitas antara Polres Karimun dengan wartawan.

"Wartawan adalah mitra. Dan tentunya hubungan yang telah terjalin ini akan terus dilanjutkan," ujar Yos Guntur dalam perkenalannya di hadapan para perwira, kapolsek dan puluhan wartawan yang hadir dalam acara kenal pamit tersebut.

Selamat bertugas di tempat yang baru komandan. Semoga makin sukses karirnya.

Dan selamat datang AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, sentuhan-sentuhanmu sebagai pengayom dan pelindung sangat dinantikan warga masyarakat di Kabupaten Karimun. (rdi)

Dibaca 64 kali
Beri nilai berita ini
(0 Suara)

Tinggalkan komentar

Pastikan Anda memasukkan semua informasi yang diperlukan, ditandai dengan tanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.